Sunday, February 21, 2010

apakah mungkin memakai kacamata setiap saat malah memperparah penderita kelainan mata?

jika anda pemakai kacamata dan mencoba untuk tidak memakainya beberapa hari atau bulan, apakah anda atau teman anda akan berpikir kalau gangguan di mata anda akan lebih parah?tentunya bukan bagi pemakai kacamata yang sudah parah,mungkin ini hana untuk penderita miopi atau rabun jauh yang minusnya belum mencapai 2..

kalau menurut saya jangan pernah berpikir seperti itu. bahkan menurut saya, memakai kacamata secara terus menerus, setiap hari dan setiap saat malah akan memperparah gangguan itu sendiri. mata saya sendiri juga tidak normal yaitu minus 0,75, sudah lama saya tidak memakai kacamata, terakhir memakainya sekitar 7 bulan yang lalu. selama ini terpaksa menjalani hidup dengan mata seadanya. tapi hari ini saya mencoba untuk membeli soflens karena lama-kelamaan saya merasa terganggu juga, ternyata setelah diperiksa, saya cocok untuk soflens yang minus 0,5. teman saya yang mengantarkan saya beli soflens berkata kalau pakai soflens biasanya selisih 0,25 dari kacamata, berarti minus mata saya tetap 0,75 dengan tanpa kacamata selama 7 bulan.

dari pengalaman diatas dapat saya simpulkan bahwa pernyataan orang-orang yang menyatakan bahwa tidak memakai kacamata dalam jangka waktu yang cukup lama bisa memperparah kelainan mata seperti rabun jauh adalah salah.

sedangkan untuk pernyataan saya diawal yang mengatakan bahwa kacamata malah bisa memperparah, itu bisa saya jelaskan.

pertama, saya tinjau dari sebab gangguan itu muncul. misal untuk rabun jauh itu karena seseorang :

1. Membaca sambil tiduran
2. Membaca di tempat dengan penerangan kurang
3. Membaca terlalu lama
4. Kurang mengkonsumsi makanan bervitamin A
5. Terlalu lama bekerja di komputer.
6. Nonton tv terlalu dekat
7. Main game dengan TV besar dan jarak dekat
8. Terlalu banyak nonton bioskop layar lebar, dll.

semua hal diatas merupakan sebuah kebiasaan. sekarang misal anda mengalami rabun jauh dan setiap saat memakai kacamata, termasuk saat melakukan kebiasaan tersebut. apa yang akan terjadi?
kebiasaan tersebut membuat mata anda yang awalnya normal menjadi rabun, kemudian saat memakai kacamata berarti anda membuat penglihatan anda normal lagi dan bukan tidak mungkin saat anda yang memakai kacamata melakukan kebiasaan itu lagi akan menyebabkan mata yang sudah "normal" menjadi minus lagi ataupun minus anda semakin bertambah jika diukur tanpa kacamata.

jadi saran saya, boleh anda memakai kacamata ataupun soflens sebagai alat bantu melihat,tapi coba ingat-ingat kebiasaan apa yang menyebabkan mata anda mengalami kelainan, dan sebaiknya jangan pakai kacamata anda saat melakukan kebiasaan tersebut.

No comments:

Post a Comment