Friday, April 25, 2014

Mendengarkan Musik Jepang itu Ternyata Menyenangkan

Musik jepang mulai saya kenal sejak kecil, semua karena film kartun (atau nam "resmi"nya adalah anime) tiap hari minggu atau tiap sore hari senin sampai jumat, soundtrack dari fim kartun jepang mulai dari naruto, one piece, slamdunk, flame of recca, ghost at school, inuyasha, terasa enak sekali didengar. Bahkan ada yang saya tonton hanya demi menunggu soundtrack ending nya, yaitu ending dari one piece yang berjudul memories ini.

Mungkin semenjak itu saya menyukai lagu-lagu jepang, tapi hanya sebatas lagu dan musiknya, tak pernah tau apa judulnya dan siapa penyanyinya. Soundtrack one piece diatas pun baru saya tahu judulnya setelah sekian 5-6 tahun, ketika internet merebak.

Nama penyanyi jepang pertama yang saya tahu adalah Utada Hikaru dengan lagu First Love-nya,
yang beberapa kali saya dengarkan dari radio semasa SMP, setelah itu tak banyak yang saya tahu lagi.

Dan akhirnya kecintaan saya terhadap musik jepang muncul di akhir tahun 2011, ketika teman-teman saya mulai suka menonton film-film jepang, saat itu salah satu film yang menarik perhatian saya berjudul Taiyou no Uta, dengan lagu Good bye days nya yang sangat bagus. ya, lagu tersebut dinyanyikan oleh seorang wanita bernama YUI yang juga sebagai pemeran utama film taiyou no uta tersebut.





Sejak itulah seketika saya mencari lagu-lagu YUI, dan ternyata memang enak didengarkan. Memang saya tidak mengerti arti dari lirik lagu yang dinyanyikan, tetapi musik dan cara bernyanyinya selalu bisa membuat saya larut dalam lagunya dan seakan-akan menikmati maksud dari lagu tersebut. Ini beberapa lagu YUI favorit saya Tokyo, to mother dan che.r.ry


Awal tahun 2012 saya mulai tertarik dengan grup idol jepang yaitu AKB48, awalnya hanya tertarik melihat wanita-wanita cantik ini menyanyi dengan gaya mereka yang imut, lucu, dan sexy tentunya. Tak banyak sebenarnya alasan untuk menyukai grup ini selain hal-hal diatas. Tapi entah mengapa banyak lagu mereka yang membuat ketagihan untuk didengar. Dengan image mereka yang imut tersebut ternyata banyak lagu-lagu mereka yang musiknya rock, seperti blue rose, majisuka rock n roll dan salah satu lagu favorit saya, give me five. Sampai sekarang pun saya masih suka mengikuti perkembangan grup ini, dengan beberapa barunya.

Setelah itu, beberapa band & grup musik kesukaan saya muncul berkat rekomendasi seorang teman saya. yang pertama adalah goosehouse. Goosehouse ini merupakan sebuah grup musik yang rajin membuat cover untuk lagu-lagu populer di jepang sana. Saya yakin teman saya yang satu itu mengetahuin goosehouse ini berkat cover mereka pada lagu Life milik YUI yang terdapat pada album tribute YUI [SHE LOVES YOU], album yang sudah saya dengarkan semenjak lama tapi tak pernah memperhatikan siapa saja penyanyi yang meng-cover lagu YUI didalam album tersebut. Cover buatan goosehouse ini selalu ditayangkan secara live melalui channel ustream mereka Goosehouse ustream channel biasanya setiap malam minggu akhir bulan pukul 18.00 WIB, yang dua minggu kemudian mereka upload di channel youtube Goosehouse youtube channel , cover-covernya sangat enak didengarkan bahkan beberapa terasa lebih enak ketimbang versi aslinya, cover goosehouse pertama yang saya suka adalah Shonichi-nya AKB48.



Setelah itu puluhan cover buatan mereka saya dengarkan, dan beberapa juga ada lagu-lagu original yang juga tak kalah bagusnya. Lagu-lagu original mereka yang saya suka antara lain Sing, Munasawagi Navigation, dan Oto no naru hou e. Tak ketinggalan, salah satu member goosehouse favorit saya, Kei Takebuchi, merilis solo albumnya sebulan yang lalu, dengan lagu andalannya "arigatou" yang sangat enak didengar seharian.

Kemudian, satu lagi grup kesukaan saya berkat rekomendasi teman saya adalah ikimonogakari. Band pop jepang dengan lagu-lagunya yang sangat easy listening. Banyak lagu-lagu mereka yang saya sukai. Salah satunya natsu.koi, musiknya yang asik ditambah suara harmonikanya serasa sedang di pantai menikmati musim panas. Dan masih banyak lagi deh..

Selanjutnya saya menjadi semakin tergila-gila dengan musik jepang dan mengenal beberapa band/penyanyi lagi beserta lagu mereka yang saya sukai, seperti supercell dengan lagu kimi no shiranai monogatari, LiSA (oath sign, im a rock star, best day best way), miwa (hikari e), Maeda Atsuko (flower, time machine nante iranai), Hatsune Miku ft ryo (Odd&Ends), I Wish (Asu e no tobira) dan One OK rock (The beginning, the same as, be the light). Sebenarnya banyak cerita menarik dibalik bagaimana saya mengetahui dan menyukai band/penyanyi tersebut namun terlalu panjang untuk diceritakan satu persatu.

Grup band jepang terakhir yang saya sukai adalah SCANDAL. Semuanya berkat keisengan saya kira-kira sebulan yang lalu saat "berselancar" di youtube menemukan lagu mereka yang berjudul Departure. 

 Dari satu video tersebut saya menemukan banyak hal menarik yang kemudian menjadi alasan saya mencintai grup band tersebut diantaranya personelnya yang cantik, suara dari bassis nya yang unik, dan tentunya musik yang sangat enak didengar. Mulai saat itulah saya mulai mencari video klip, video konser dan info-info dari band yang beranggotakan HARUNA, TOMOMI, MAMI, dan RINA tersebut. HARUNA dengan suaranya yang sangat powerful, TOMOMI dengan suaranya yang menarik, yang sering disebut "chipmunky voice", MAMI dengan permainan gitarnya yang memukau, RINA dengan kecantikannya ketika memainkan drum, benar-benar menyihir saya untuk selalu menyukai mereka. Tetapi favorit saya adalah suaranya TOMOMI terutama pada lagu houkago 1h.

Dua hari yang lalu, SCANDAL merilis single terbaru mereka yang berjudul Departure. Dan karena saya ketagihan dengan lagu departure tersebut, alhasil untuk pertama kalinya saya membeli single original mereka dan sekarang masih menunggu dvd mereka sampai ke tangan saya.

Seperti itulah sedikit cerita bagaimana saya menyukai musik jepang. Yang jelas bagi saya, lirik lagu itu alasan kesekian dalam menyukai sebuah lagu, yang terpenting musiknya. Faktanya adalah saya tidak mengerti arti dan maksud dari lirik sebagian besar lagu jepang yang saya dengarkan diatas, tetapi musiknya lah yang membuat saya cinta. dan intinya, mendengarkan musik jepang itu ternyata menyenangkan.


No comments:

Post a Comment