Friday, February 26, 2010

Asal Mula Seragam Putih Abu-abu

mengapa seragam SD putih merah, SMP putih biru sedangkan SMA putih abu-abu?
memang setelah searching tidak ada situs resmi yang benar-benar menjelaskan sejarah atau asal mula dari seragam sekolah di Indonesia ini.

meski demikian, punya sedikit info tentang asal mula dari seragam putih abu-abu milik para siswa SMA.

setelah menelusuri lebih lanjut, di http://forum.kafegaul.com/archive/index.php/t-112972.html
saya menemukan:





hal tersebut tak jauh dari apa yang pernah diceritakan oleh guru saya. beliau mengatakan bahwa seragam putih abu-abu pertama kali dipakai oleh siswa SMA 1 yogyakarta.

awalnya saya juga heran, mengapa yang pertama adalah sebuah SMA di Yogyakarta?mengapa tidak di kota lain?

kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa ternyata memang pemakaian seragam putih abu-abu dimulai saat pemerintah memulai program yang menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum baru, kemudian SMA-SMA ini disebut sebagai SMA Teladan yaitu pada tahun 1954 (di pic tahunnya salah). kemudian pada 16 Desember 1957 berdirilah SMA-SMA Teladan yang ada di Jakarta, Medan, Surabaya, Bukit Tinggi dan Yogyakarta didasari oleh SK Mendikbud. SMA-SMA Teladan itulah yang pertama memakai putih abu-abu.

hingga kini seragam dengan warna putih sebagai atasan dan abu-abu sebagai bawahan (celana atau rok) dipakai oleh hampir semua SMA di Indonesia terutama SMA negeri.

dan untuk SMA Teladan tersebut, sekarang menjadi SMA 3 Jakarta, SMA 3 Bukit Tinggi dan SMA 1 Yogyakarta. sedangkan yang di Surabaya dan Medan saya kurang tahu. meskipun sekarang sudah tidak lagi menjadi program pemerintah, namun nama Teladan biasanya masih melekat, seperti SMA 1 Yogyakarta yang biasa dikenal sebagai SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.

6 comments: